5 Makanan Penyebab Sembelit Pada Orang Dewasa

Ketahui Makanan penyebab sembelit

Makanan penyebab sembelit. Anda tentunya pernah mengalami yang namanya sembelit bukan?dan sudah pasti rasanya bikin perut tidak nyaman dan terasa sakit apabila memakan sesuatu. Namun bagi anda yang tidak ingin mengulangi gangguan sembelit pada pencernaan sebaiknya ketahui apa saja makanan penyebab sembelit yang mesti dihindari.

Daftar makanan penyebab sembelit yang perlu dihindari

Ada banyak makanan yang menjadi penyebab utama sembelit namun kami akan menyajikan makanan yang paling wajib dihindari apabila anda merasakan gejala dari sembelit tersebut dan berikut makanan yang perlu anda tolak jika ingin terhindar dari sembelit:

  1. Produk susu

Selain mengurangi konsumsi susu,produk berbahan susu juga mesti anda hindari seperti berbagai jenis keju yang tentu dapat menghambat kerja usus anda. Namun tidak semua jenis olahan dari susu buruk bagi pencernaan akan tetapi ada juga produk susu yang baik untuk kesehatan pencernaan yaitu yoghurt yang mengandung bakteri baik.

  1. Aneka Gorengan

Tentu anda tidak bisa menahan godaan dari makanan yang digoreng karena memiliki rasa yang renyah ketika dimulut apalagi bila ditambahkan sambal sebagai pelengkap tentu akan membuat cita rasanya lebih nikmat. Akan tetapi anda harus menerima resiko dari gorengan tersebut karena dapat menghambat usus anda dan menjadikan bab jadi keras hingga sembelit.

Meskipun terbuat dari bahan berserat tinggi,namun akibat proses menggoreng tersebut dapat membuat serat pada makanan tersebut hancur dan terurai sehingga gorengan tidak memiliki kandungan serat sama sekali.

  1. Makanan yang dibekukan

Anda tentunya sangat menyukai makanan yang sudah dibekukan seperti daging olahan,makanan kalengan,dan minuman instan dalam kemasan. Namun ternyata makanan yang memiliki bahan pengawet dan yang sudah dibekukan bisa menghambat kerja usus anda.

  1. Makanan bersoda

Kandungan soda dalam makanan ternyata dapat mengacaukan sistem kerja usus di perut oleh sebab itu anda perlu membatasi makanan bersoda seperti roti,tape,minuman soda,dan kue kering.

  1. Daging merah

Kandungan zat besi yang ada dalam daging merah sulit sekali dicerna oleh tubuh dan dapat mengakibatkan tinja jadi keras serta susah ketika akan bab,oleh sebab itu anda harus membatasi konsumsi daging dagingan seperti,daging sapi,dan daging kambing.

Itulah beberapa makanan penyebab sembelit yang perlu anda batasi dalam menkonsumsinya,selain mengurangi konsumsi makanan yang disebutkan diatas anda juga sebaiknya mulai menkonsumsi makanan pelancar bab yang kaya serat agar pencernaan menjadi sehat dan lancar ketika bab.

Contoh makanan berserat antara lain: apel,brokoli,alpukat,oat,beras merah,aneka buah berry, dan juga jeruk.

Selain baik untuk pencernaan, serat pada makanan juga mampu mengontrol berat badan dan menekan nafsu makan sehingga menjadi pelangsing badan alami yang dapat memberikan keuntungan bagi tubuh.

admin Author

No description.Please update your profile.

View all post by admin