Beberapa Layanan Digital Ini Bantu Sekolah Permudah Akses Pelayanannya

Upaya untuk mempermudah akses layanan dan informasi bagi sekolah terus menerus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Misalnya, menghubungkan antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai pencetak pekerja andal dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagai pencari tenaga kerja, melalui laman Bursa Kerja Khusus (BKK).

Layanan Digital Ini Bantu Sekolah

Ada pula informasi mengenai Program Indonesia Pintar dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dapat diakses dengan mudah asal tersedia internet. Kemudahan tersebut dilakukan agar sekolah dapat memberi pelayanan terbaik kepada siswa dan orangtua serta masyarakat secara efektif dan efisien.

Bursa Kerja Khusus
Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMK Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran, hingga penempatan tenaga kerja. BKK juga merupakan mitra dari Dinas Tenaga Kerja

BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi bagi pencari kerja. Dengan kata lain, BKK dibentuk sebagai wadah untuk mempertemukan lulusan SMK dengan pencari tenaga kerja. BKK juga menjadi wadah pelatihan bagi lulusan SMK agar sesuai dengan permintaan pencari tenaga kerja, sekaligus sebagai tempat untuk menanamkan jiwa wirausaha melalui pelatihan-pelatihan. Melalui laman psmk.kemdikbud. go.id/bkk, sekolah dapat mendaftarkan lulusan dan lembaga BKK-nya sehingga menjadi jembatan bagi kalangan DUDI sebagai pencari tenaga kerja.

Di laman itu terlihat pula informasi tentang statistik jumlah sekolah BKK, jumlah dunia industri yang telah terdaftar, jumlah pencari kerja, dan jumlah lowongan yang tersedia. Lulusan yang sudah terdaftar dalam laman tersebut dapat memperoleh informasi lebih jelas mengenai lowongan kerja dari perusahaan yang bekerja sama dengan lembaga BKK tersebut. Cara ini sangat memudahkan siswa lulusan SMK melamar pada perusahaan yang diinginkannya . Sementara bagi dunia usaha dan dunia industri, BKK memudahkan mereka mencari calon pegawai yang sesuai dengan kriteria, kebutuhan, dan kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Tidak hanya itu, jumlah pencarian calon pegawai tersebut pun tidak dibatasi. Cara mendaftarkan lembaga BKK dan lulusannya sangat mudah. Melalui menu Dokumen, pengguna diberikan petunjuk langkah demi langkah melakukan registrasi lembaga BKK, memasukkan data lulusan, dan data mitra industri. Dengan melakukan registrasi tersebut, siswa lulusan SMK diberikan akses berupa data lowongan pekerjaan dan jadwal tesnya.

Program Indonesia Pintar
indonesiapintar.kemdikbud. go.id merupakan laman informasi bagi sekolah, siswa, maupun orangtua serta masyarakat yang berisi informasi dasar mengenai Program Indonesia Pintar (PIP). Tersedia tiga menu yang dapat diakses, yaitu Tanya Jawab, Informasi, serta Pertanyaan dan Pengaduan. Pada menu Tanya Jawab, terdapat sembilan pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh masyarakat disertai jawabannya yang berisi tujuan, manfaat, dan sasaran PIP. Pada menu ini, terdapat pula informasi mengenai besaran jumlah uang yang diterima peserta didik penerima PIP. Pada menu Informasi, kita akan menemukan berbagai informasi mengenai dasar hukum, termasuk peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang PIP. Bila saat ini anda belum memiliki asuransi pendidikan terbaik tenang saja, anak tetap bisa bersekolah berkat adanya program indonesia pintar dari pemerintah.

Ada pula publikasi berupa informasi lengkap tentang PIP yang dapat diunduh dan dibaca secara luring (luar jaringan atau offline). Selain itu terdapat pula informasi berupa infografis dan video tentang imbauan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan dan memeroleh Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sementara itu bagi sekolah, siswa, orangtua, maupun masyarakat yang memiliki pertanyaan dan pengaduan terkait PIP, dapat mengakses menu Pertanyaan dan Pengaduan. Melalui menu itu nantinya akan langsung terhubung dengan informasi ke mana pertanyaan dan pengaduan tersebut harus disampaikan.

Penguatan Pendidikan
Penguatan Pendidikan Karakter Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telah diterbitkan. Dalam peraturan tersebut, sekolah yang masih belum melaksanakan PPK sesuai dengan Perpres tersebut diberikan jangka waktu paling lama dua tahun. Sekolah yang belum mengimplementasikan PPK dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mengambil informasi dan contoh praktik baik tentang PPK pada laman cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id. Ada empat menu yang disediakan pada laman ini, yaitu Tanya Jawab, Berbagi Praktik Baik, Inspirasi, dan Ayo Bergabung.

Pada menu Tanya Jawab, terdapat enam pertanyaan disertai jawaban yang disediakan sebagai informasi dasar terkait dengan PPK. Ada juga menu Berbagi Praktik Baik, sekolah yang belum melaksanakan PPK dapat menemukan inspirasi tentang implementasi PPK di sekolahnya melalui artikel-artikel yang tersedia di menu ini. Contoh praktik baik PPK ini terbagi dalam tiga wilayah, yaitu lingkup kelas, lingkup sekolah, dan lingkup masyarakat. Sekolah yang membutuhkan informasi lebih banyak mengenai PPK dapat mengakses menu Inspirasi yang di dalamnya memuat beragam infografis, foto, video, serta pemberitaan terkait penguatan pendidikan karakter. Pada menu ini juga disajikan peta sebaran sekolah rintisan PPK pada 2016 lalu sebagai acuan melakukan studi banding bagi sekolah-sekolah yang belum mengimplementasikannya.

Keterlibatan masyarakat untuk ikut meramaikan laman PPK itu sangat diharapkan. Untuk itulah menu Ayo Bergabung disediakan bagi masyarakat dan terutama sekolah yang ingin berbagi inspirasi pelaksanaan PPK di sekolahnya masing-masing. Warga sekolah dapat menulis artikel, mengunggah foto dan video kegiatan PPK di sekolahnya sebagai contoh praktik baik dalam implementasi PPK. Tentu ini dapat menjadi informasi yang berharga bagi masyarakat terutama sekolah yang belum melaksanakan PPK, sehingga bisa mencontoh bahkan menciptakan praktik-praktik baik sesuai dengan kearifan lokal daerahnya.

argan

Author
No description.Please update your profile.

View all post by argan