Gejala Kolesterol Tinggi Dan Pengobatannya

Gejala Kolesterol Tinggi Dan Pengobatannya
Gejala kolesterol tinggi yang parah

gejala kolesterol tinggi. Kolesterol dalam tubuh manusia tersebar di beberapa bagian tubuh seperti di kulit,saraf,aliran darah,dan juga dalam pencernaan. Idealnya kadar kolesterol dalam tubuh antara 160-200 mg namun jika melebihi dari angka 240 mg maka perlu anda waspadai karena berisiko timbulnya penyakit berbahaya,sebut saja misal seperti stroke,serangan jantung hingga tekanan darah tinggi.

Gejala kolesterol tinggi perlu diketahui

Dan oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang lebih mendalam akan pentingnya menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas yang wajar,Namun jika dalam sehari hari anda merasa pola hidup yang diajalani kurang mencerminkan ke pola yang sehat anda perlu mengetahui ciri dan gejala kolesterol tinggi dalam tubuh.

Ciri dan gejala kolesterol tinggi dalam tubuh

Mari kita simak apa saja ciri dari kolesterol tinggi yang mungkin saat ini anda rasakan dan menganggap hal itu merupakan sakit yang biasa saja.

Tubuh mudah lelah

Kolesterol yang tidak normal biasanya ditandai dengan rasa lelah yang gampang terasa meskipun bekerja tidak terlalu capek karena otot yang seharusnya normal menjadi terganggu akibat penyumbatan aliran darah ke syaraf otot.

Sakit kepala hebat

Apa anda sering merasakan sakit kepala yang sulit dihilangkan? dan kalaupun sembuh oleh obat biasa maka sakit kepala tersebut akan terasa kembali? Bisa jadi kolesterol di tubuh anda mulai meningkat karena pasokan okigen ke otak terhambat oleh menumpuknya kolesterol tersebut.

Sering nyeri dada

Nyeri pada bagian dada akan terasa jika sesudah makan makanan yang berlemak tinggi karena saluran darah ke jantung akan tersendat oleh lemak yang menempel dalam saluran darah ke jantung dan jika dibiarkan tentu secara tiba tiba jantung anda akan berhenti berfungsi karena aliran darah sudah tertutup oleh lemak yang menyumbat.

Gampang kesemutan

Bagi orang normal kesemutan merupakan hal yang wajar karena biasanya terjadi akibat posisi duduk ataupun diam dalam satu gerakan dalam waktu yang lama, Namun jika hanya dudukĀ  sebentar saja kesemutan langsung terasa maka dipastikan kolesterol dalam tubuh sudah melewati batas normal.

Jika anda merasa salah satu ciri diatas sering dirasakan maka sebaiknya anda melakukan cek kolesterol ke klinik terdekat dan mulai merubah pola makan serta pola hidup yang bisa menurunkan kolesterol ke batas yang wajar.

Cara menurunkan kolesterol dengan membatasi makanan pemicu kolesterol seperti:

  • Gorengan,fast food.makanan berlemak tinggi
  • Jeroan sapi,otak sapi.daging berlemak,kulit ayam.kuning telur,telur puyuh
  • Udang,belut,kerang putih,cumi,kepiting,sosis,keju,susu tinggi lemak,mentega,dan santan

Cara menurunkan kolesterol dengan menkonsumsi makanan tinggi serat seperti:

  • Sayuran hijau,buah buahan,oat,kacang kacangan tanpa digoreng dan beras merah

Dan menkonsumsi protein tanpa lemak seperti putih telur,ikan salmon,tuna.

Menkonsumsi makanan berserat tidak hanya dapat menurunkan kolesterol secara alami dan ampuh akan tetapi mampu melancarkan bab dan menurunkan berat badan secara aman karena mampu menahan rasa lapar dalam waktu lama sehingga pola makan lebih terkontrol sehingga serat merupakan pelangsing badan alami bagi tubuh kita.

Untuk mempercepat penurunan kolesterol anda bisa mengimbanginya dengan lebih sering melakukan aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat dan membakar kalori dengan cepat seperti jalan pagi hari,lari lari disekitar rumah dan bila ada waktu bisa juga pergi ke tempat fitnes dan gym.

Itulah ciri gejala kolesterol tinggi dan cara mengatasinya dengan baik dan aman semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang apa itu kolesterol secara lengkap.

maulana

Author
No description.Please update your profile.

View all post by maulana