Hamil 2 Bulan: Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi yang Wajib Diketahui

Bulan kedua kehamilan telah tiba. Mungkin saja seorang calon ibu belum mengundurkan diri dari pikirannya untuk peran barunya. Namun, ia dapat dengan tepat disebut “seorang ibu” karena pada akhir bulan kedua seorang manusia kecil, tetapi sangat nyata hidup, tumbuh dan berkembang di rahimnya!

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda?

Sebagai aturan, pada bulan kedua kehamilan seorang wanita tidak lagi membutuhkan konfirmasi kondisinya – mual di pagi hari, pusing, permintaan akan makanan asin atau asam, dan kesenangan lain dari “cara keluarga” berbicara sendiri. Keseimbangan hormon organisme berubah; rahim mulai tumbuh, plasenta aktif berkembang. Ibu hamil 2 bulan bisa merasa sangat lelah dan mengantuk. Kebutuhan pergi ke toilet untuk buang air kecil juga lebih sering muncul, jadi Anda harus pergi ke kamar mandi hampir setiap setengah jam. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa rahim yang tumbuh menekan kandung kemih. Sekarang ukuran jeruk dan terletak lebih rendah dari tulang, jadi secara teori perut Anda belum membesar. Tapi itu hanya secara teori, karena karena perubahan hormon dan usus Anda bisa kembung. Akibatnya wanita itu terkejut melihat perutnya yang “dewasa”.

Terlepas dari penyakit, yang telah datang pada bulan pertama kehamilan, calon ibu dapat diganggu oleh muntah, sembelit, mulas dan peningkatan air liur. Beberapa wanita mulai makan banyak, beberapa wanita, sebaliknya, mengeluh tentang kehilangan nafsu makan. Payudara juga terus membengkak dan berubah. Sakit kepala bisa muncul. Tetapi tidak adanya semua tanda-tanda ini sama sekali tidak memberi tahu bahwa Anda tidak hamil. Setiap reaksi tubuh adalah unik dan tidak ada dua kehamilan yang benar-benar identik!

Infeksi Berbahaya Selama Kehamilan

Virus, termasuk flu, dapat dengan bebas memasuki plasenta. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada janin pada bulan kedua kehamilan. Jadi, selama masa epidemi musim gugur dan musim dingin cobalah untuk melindungi diri Anda dan bayi Anda di masa depan. Hindari tempat-tempat ramai dan transportasi umum. Jika Anda harus pergi bekerja, oleskan lubang hidung Anda dengan salep oxolinic sebelum keluar rumah. Obat tradisional yang bagus adalah tetes bawang berminyak bawang putih, yang bisa dibuat sendiri oleh setiap wanita. Jika toksikosis memungkinkan, masukkan larutan berminyak dari dua tanaman ini ke hidung Anda setiap satu setengah atau dua jam. Aroma tidak sedap yang kuat dapat ditoleransi, tetapi tidak ada virus musiman yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang penuh dengan phytoncides.

Bagaimana Perkembangan Janin di Usia 2 Bulan Kehamilan?

Sekarang bayi Anda diikat dengan aman ke rahim. Plasenta terus terbentuk – nasib dan kesehatan manusia kecil bergantung pada organ ini. Pada awal bulan kedua kehamilan manusia ini memiliki ukuran sekitar 1,5 mm. Pada akhir bulan ukurannya akan mencapai 12-20 mm. Jaringan yang berkembang selama bulan pertama berubah menjadi organ internal yang nyata. Makhluk baru memiliki tubuh, kepala, lengan dan kaki, dan bahkan jari dan telinga. Wajah terbentuk. Hidung, bibir, langit-langit dan mata muncul. Alat kelamin mulai terbentuk. Organisme anak laki-laki mulai memproduksi testosteron. Pada minggu kelima penghormatan berlangsung (dasar-dasar masa depan spermatozoa atau ovula) terbentuk. Jadi, Anda sudah membawa cucu masa depan Anda.

Sistem endokrin terbentuk, berbagai kelenjar muncul. Jantung sudah dibagi menjadi empat kamar, pembuluh darah utama dan dangkal terbentuk, dan saluran muncul di hati. Tabung saraf (dasar dari sistem saraf masa depan) ditutup, otak menjadi lebih besar dan lebih rumit, dan lengan dan kaki mendapatkan otot, sehingga bayi membuat gerakan pertama, tetapi untuk saat ini mereka kacau. Konsumsi asam folat akan membantu membentuk sistem saraf yang sehat untuk anak Anda di masa depan.

Sistem pernapasan aktif berkembang (hidung, mulut, tenggorokan, dan bronkus), darah mulai beredar, dan semua organ sistem pencernaan terbentuk.

chris Author

No description.Please update your profile.

View all post by chris