Tips Mendidik Anak Menjaga Kebersihan

* Ganti pakaian dalam.

Bila baju seragam disarankan diganti setiap hari, begitu pula pakaian dalam. Anak lelaki menggunakan singlet dan celana dalam. Begitu pula anak perempuan. Namun bila payudara sudah mulai tumbuh, si gadis cilik perlu mengenakan miniset. Pilih yang berbahan katun sehingga mudah menyerap keringat.

* Menggunting kuku.

Kuku merupakan sarang kuman. karena itu perlu digunting secara rutin. Tugas orangtua adalah melakukan pengecekan seminggu sekali. Pada anak SD awal, menggunting kuku umumnya masih perlu dibantu. Lakukan sehabis anak mandi karena saat itu kuku lebih lunak dan mudah dipotongnya. Pegang tangan dan jarinya. Gunakan gunting kuku khusus anak. Setelah digunting dihaluskan kukunya agar tidak terlalu tajam. Aktivitas menggunting kuku bisa dilakukan sendiri oleh anakanak kelas 3 ke atas.

* Menggosok gigi.

Sebaiknya dilakukan setiap habis makan, bukan sebelum makan. Gosok gigi juga dilakukan sebelum tidur malam. Manfaat gosok gigi adalah menjaga kebersihan gigi, mencegah bau mulut, mencegah karies, dan menjaga mulut tetap segar.

Teknik menggosok gigi yang benar:

  • Dimulai gerakan dari atas ke bawah secara teratur, sehingga tidak ada bagian permukaan gigi yang terluput dari penyikatan. Lalu bagian kiri dan kanan, menyangkut bagian atas dan bawah. Jangan lupa gigi bagian dalam.
  • Lidah juga perlu dibersihkan teratur, menggunakan penggosok khusus untuk lidah, atau sikat gigi yang bulunya lunak. Ulangi jika merasa belum bersih.
  • Jika sudah selesai, bilas mulut dengan berkumurkumur (sebaiknya dengan air matang) hingga bersih.
  • Biasakan memeriksakan gigi ke dokter gigi sedikitnya 6 bulan tahun sekali, meski tidak ada keluhan.

* Mencuci tangan.

Perilaku sehat ini merupakan kunci utama kebersihan diri. Mencuci tangan bisa menghindari kita dari berbagai penyakit, seperti diare, cacingan, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain. Cuci tanganlah setiap habis makan, sesudah beraktivitas di toilet, seperti sehabis buang air kecil dan buang air besar.

Teknik mencuci tangan yang benar:

  • Gunakan sabun secukupnya.
  • Tak hanya sekadar membasahi tangan, tapi juga mencuci dan menggosok kedua tangan.
  • Gosok telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri dan sebaliknya, selasela jemari kanan dan kiri, seluruh tangan, bersihkan kuku, sela jemari, telapak dan punggung tangan.
  • Lakukan tanpa ada bagian yang luput dari sentuhan sabun. Setelah minimal 10 detik bilas dengan air mengalir hingga sabun hilang.
  • Keringkan tangan dengan, pengering/tisu/handuk bersih.

Menjaga hidup lebih sehat adalah hal yang harus orangtua lakukan agar semua keluarga tetap sehat dan terawat. Simak tips gaya hidup sehat di portal gaya hidup yang bisa diakses menggunakan internet dimana dan kapan saja.

argan Author

No description.Please update your profile.

View all post by argan