Trik Wawancara untuk HRD dan Non-HRD

Menghadapi interview kerja sering kali dianggap hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Beban secara psikologis pastinya dirasakan bagi setiap calon karyawan, maka itulah alasan mengapa banyak sekali aneka tip dan trik yang dibuat khusus bagi para pelamar kerja agar nantinya mereka sukses interview di sebuah perusahaan.

Lalu bagaimana dengan peran seorang human resources departement atau HRD yang memiliki tugas mencari calon atau kandidat karyawan serta melakukan seleksi tenaga kerja? Tentunya para HRD juga membutuhkan persiapan yang sangat baik sebelum melakukan interview. Sebab, seorang HRD dituntut harus paham benar bagaimana dan apa saja yang dibutuhkan ketika interview.

baca juga : http://idc-inparadise.com/pelayanan-genset-terpercaya-di-bali/

Dalam sebuah perusahaan, biasanya tidak hanya HRD yang akan melakukan interview, terkadang atasan kita juga akan terjun langsung mewawancarai kandidatnya. Namun yang sering terjadi adalah seorang atasan sering kali tidak dibekali keterampilan dalam melakukan interview.

Jika mengingat kembali fungsi dasarnya, interview dilakukan guna menggali informasi tertentu dari narasumber. Karena itu, seorang pewawancara, baik HRD maupun non-HRD harus paham benar mengenai tahap-tahap apa saja yang seharusnya dipersiapkan serta dilakukan nantinya.

Tidak dapat dimungkiri juga sebuah proses interview nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Misalnya, kasus yang sering terjadi seorang karyawan yang dinilai memiliki kemampuan bekerja dengan baik di perusahaan tersebut, ternyata jauh berbeda dengan apa yang dinilai ketika melewati proses interview.

Itulah alasan utama mengapa seorang pewawancara harus memahami benar apa itu wawancara, mulai definisinya hingga mengenali kesulitan dalam wawancara secara umum. Selain itu, pewawancara harus memahami perilaku manusia, bagaimana kepribadiannya, bagaimana berkomunikasi secara verbal dan nonverbal, serta pemahaman mengenai struktur wawancara yang efektif.

admin Author

No description.Please update your profile.

View all post by admin